Strategi Pemasaran Produk Tabungan Digital pada BMT Al Rosyid Desa Ngumpakdalem Bojonegoro
Keywords:
BMT, PemasaranAbstract
Penelitian dengan judul Strategi Pemasaran Produk Tabungan Digital Pada BMT Al Rosyid Berkah Bersama Desa Ngumpakdalem Bojonegoro ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada produk tabungan yang diterapkan di BMT Al Rosyid Berkah Bersama Desa Ngumpakdalem Bojonegoro dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk tabungan di BMT Al Rosyid Berkah Bersama Desa Ngumpakdalem Bojonegoro.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskripsi. Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa BMT Al Rosyid Berkah Bersama dalam memasarkan produk tabungannya sudah menerapkan tahapan Segmentation, Targeting dan Positioning. Adapun satu faktor yang menjadi pendukung dalam melakukan strategi pemasaran pada produk tabungan di BMT Al Rosyid Berkah Bersama yaitu pihak pengelola BMT Al Rosyid Berkah Bersama melakukan promosi dengan cara membagikan brosur pada masyarakat, melalui media sosial resmi, melalui wali santri, guru-guru dan juga alumni pondok pun ikut serta dalam memasarkan produk tabungan BMT.mDan ada juga dua faktor penghambat atau kendala dalam melakukan strategi pemasaran pada produk tabungan
yaitu : minimnya sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya dan Adanya persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan lainnya.